Pengertian Dan Adab Dalam Berpergian Sudut Pandang Islam

Pengertian Dan Adab Dalam Berpergian Sudut Pandang Islam--Selamat datang di Kumpulan Informasi Pendidikan, semoga informasi yang akan disampaikan admin eduside bisa menambah ilmu pengatuhan kita semua, kali ini admin eduside akan membahas adab dalam bepergian, islam memang indah, jika untuk pergi saja kita harus memiliki adabnya, kerana jika kita tidak memiliki adab dalam berpergian bisa dibawangkan betapa kacau negara ini semena-mena dalam bepergian dengan tidak ada sopan santun baik kepada keluarga atau kepada masyarakat, tetapi disinilah islam hadir untuk membantu umat muslim supaya memiliki kepribadian yang baik.

Berpergian artinya pergi ke luar rumah, baik untuk tujuan jarak jauh maupun jarak dekat. Setiap orang pasti adakalnya meninggalkan rumah, bahkan mungkin hampir setiap hari kita meninggalkan rumah, baik untuk tujuan bekerja mencari nafkah maupun untuk tujuan belajar mencari ilmu.
Dalam agama Islam, berpergian keluar rumah, itu harus menggunakan adab atau tata cara, sehingga kepergian kita tidak meninggalkan hal-hal yang tidak diinginkan , dan dapat kembali kerumah dengan senang dan damai. Oleh karena itu, baik yang pergi maupun yang ditinggalkan hendaknya saling mendoakan agar keduanya selamat dalam lindungan Allah Swt. Dengan demikian, setiap muslim yang beriman hendaknya memegang teguh adab berpergian yang sesuai dengan ajaran islam.
Adab Berpergian Menurut Ajaran Agama Islam, Yaitu Sebagai Berikut:

  1. Mengucapkan salam ketika hendak meninggalkan rumah, agar Allah memberikan keselamatan baik bagi yang pergi maupun yang ditinggalkan
  2. Menulis wasiat atau pesan jika ada hal-hal yang dianggap penting, dan jika berpergian menuju tempat yang sangat jauh dan memakan waktu lama
  3. Saling memaafkan satu sama lain, sehingga tidak ada beban bagi yang hendak pergi maupun yang ditinggalkan
  4. Membaca doa sebelum meninggalkan atau keluar rumah, Doanya ialah:
لبِسْـــمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَ اللهِ لاَحَوْلَــ وَلاَقُوَةَاِلاَّبِاللهِ
“Dengan nama Allah aku berserah diri kepada Allah,tidak ada daya dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah”
Semoga Informasi dari Kumpulan Informasi Pendidikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, selamat berjalan semoga sampai tujuan dan kembali dengan harapan, sekian dan trima kasih.

Pos populer dari blog ini

Pengertian Dan Cara Shalat Sunnah Qobliyah Dan Ba’diyah Shalat Wajib

Pengertian Dan Adab Dalam Berpakaian Menurut Islam

Pengertian Dan Adab Berhias Dalam Sudut Pandang Islam