Makalah Rekayasa Web “RSS (REALLY SIMPLE SYNDICATION)”

Makalah Rekayasa Web “RSS (REALLY SIMPLE SYNDICATION)” - - -RSS merupakan salah satu produk internet yang kini banyak digunakan para pemilik situs-situs blogger maupun website untuk memberikan informasi yang lebih cepat dan update tanpa harus terlalu sering membuka situs-situs tertentu hanya untuk membaca sebuah artikel.

Dengan menggunakan RSS feed banyak keuntungan yang bisa diperoleh banyak orang agar bisa lebih update berita-berita terkini yang tengah banyak dibicarakan, dengan berlangganan RSS feed kita bisa lebih mudah update berita terkini hanya dengan mambuka email atau bahkan membuka laptop pribadi ketika kita telah mengunduh aplikasi pembaca RSS atau yang biasa disebut FEEDREADER yang bisa di unduh melalui aplikasi web di laptop anda.

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “RSS ” sebagai  pemenuhan tugas Mata Kuliah Internet pada Jurusan Manajemen Informatika semester V ini.

Makalah ini berisikan tentang informasi Pengertian RSS, Cara berlangganan serta berhenti berlangganan, dan cara menggunakan aplikasi pembaca rss feed.

Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang RSS pada mata kuliah Internet ini. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.


BAB I  PENDAHULUAN
1. Sejarah RSS
 RSS dimulai dari 1995 oleh Ramanathan V. Guha, dikembangkan sebagai Meta Content Framework (MCF). MCF bertujuan mendeskripsikan obyek, atribut-atributnyadan hubungan antara mereka. Berikutnya Tim Bray, salah satu pionir XML, memindahkan MCF kedalam format berbasis XML, disebutnya Resouce Description Framework (RDF). RDF didefiniskan oleh World Wide Web Consortium (W3C) sebagai "a general-purpose language for representing information in the World Wide Web".

RDF secara spesifik didesain untuk merepresentasikan metadata dan relasi antar hal, termasuk dasar dari konsep yang disebut Semantic Web. Sejarah perkembangan RSS tak bisa dilepaskan dari keterlibatan raksasa-raksasa software dan internet. Perang browser di era 90-an antara Microsoft dan Netscape, pada saat XML masih belum cukup matang diterima sebagai cara standar untuk memformat data, membuat Microsoft memunculkan konsep Channel Definiton Format (CDF).

CDF sudah berbasis XML, dapat mendeskripsikan rating, jadwal, logo dan metadata situs. Diperkenalkan mulai Internet Explorer 4.0, yang kemudian bisa diimplementasikan ke Windows desktop dalam bentuk Active Desktop. Sementara MCF juga sudah lebih jauh lagi dengan XML, menjadi RDF sejak 1999.

RSS pertama kali muncul pada Netscape Portal "My Netscape" sebagai RDF Site Summary, dimana user dapat mempersonalisasikan halaman mereka dengan apapun yang bisa didapat dari internet melalui itu, lalu mengaksesnya melalui sebuah file RSS. Draft pertama dari format RSS didesain oleh Dan Libby.

Format ini ini menyederhanakan banyak hal dari RDF, bagi pengguna. Format ini kemudian dikenal sebagai RSS 0.91 yang menjadi jah lebih populer daripada RDF. Adalah Dave Winner dari Userland Software yang sangat vokal mengenai hal ini.

Bagaimana menyederhanakan format XML yang digunakan. Pada akhirnya RSS 0.91 benar-benar berbeda dari RDF, tapi yang pentign dapat divalidasi oleh XML parser manapun dan menjadi jauh lebih sederhana.     

BAB II  PEMBAHASAN
1. Pengertian
Pengertian RSS  Menurut situs Wikipedia: Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul.

Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya.

Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.  Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa RSS merupakan rangkuman dari isi sebuah site yang ditujukan untuk memudahkan netter mendapatkan artikel-artikel atau berita terbaru tanpa harus mengunjungi site/blog pemilik RSS.   Ada dua Istilah dari RSS, ini yang saling mendukung yaitu si pengumpan RSS yang dikenal dengan isilah “RSS FEED”.

RSS FEED ini-lah aplikasi yang ada site/blog kita yang bertugas merangkum semua isi dari site/blog kita. dan si Pengumpul RSS yang dikenal dengan istilah “RSS READER”.  Pengertian lain dari RSS adalah kepanjangan dari Really Simple Syndication yang berupa sebuah file berformat XML. Sindikasi tersebut umumnya digunakan oleh situs web berita atau blog untuk memberikan info-info terbaru kepada para pembacanya.

2. Fungsi  RSS
 Dari segi si Pemasang (FEED RSS) Meningkatkan kunjungan atau “Traffic” dari si pengumpul RSS , dengan catatan si pengumpul tertarik dengan Judul Berita/Artikel yang berada pada RSS FEED si pemilik Site.  Mempercepat index artikel/berita si pemilik site di mesin-mesin pencari ,dengan memasang “RSS FEED”-nya pada “RSS Submiter”, untuk penjelasan tentang RSS Submiter bisa anda baca di paragraph selanjutnya. Untuk meningkatkan dan membantu Popularitas sebuah Site agar lebih dikenal, karena traffic atau pengunjung bisa saja berasal dari web “RSS Submiter” yang terindex oleh mesin pencari.

Dari segi Pengumpul RSS atau (RSS READER) Cepat mendapatkan artikel/berita terbaru dari 2 atau lebih site secara bersamaan tanpa harus mengaksesnya secara langsung, hanya dengan mengklik sebuah tombol “RSS Update” atau secara real time ter-update sendiri.

3. Cara Berlangganan RSS
Cara Berlangganan RSS Feed melalui email (google home page). Selain menggunakan Feed Reader kita juga bisa membaca RSS Feed langsung dari Inbox email,  berikut cara mendaftarkannya :

Menggunakan akun Google
Klik ikon RSS yang ada
Pilih salah satu RSS Reader yang disediakan. Dalam contoh ini Anda dapat memilih Google.Lihat gambar di bawah.
Selanjutnya Anda akan menuju halaman berikut ini. Pilih salah satu, Google Homepage atau Reader. Saya sendiri memilih Google Homepage.

Dengan memilih Google Homepage, jika saya login ke akun Google dan membuka alamat www.google.com, yang muncul bukanlah halaman Google seperti biasanya. Namun seperti pada gambar berikut.

Update artikel dari website favorit Anda akan muncul pada bagian yang saya beri kotak merah.
Untuk melihat update-update artikel terbaru lewat halaman muka Google, akan cukup mengakses “www.google.com”.

Jika tampilan masih sama saja seperti halaman Google standar, klik link “Go to google.com” di kanan bawah dan/ atau klik link “iGoogle” di kiri bawah.
Menggunakan akun Yahoo
Klik ikon RSS yang ada
Pilih “My Yahoo”
Anda akan langsung menuju halaman Yahoo dengan tampilan seperti gambar berikut.
Klik “Continue” untuk melanjutkan.

Update artikel dari website favorit Anda akan muncul pada bagian yang saya beri kotak merah. Lihat gambar di bawah.
Untuk melihat update-update artikel terbaru lewat halaman muka Google, akan cukup mengakses “my.yahoo.com”.

4. Cara Berhenti Berlangganan
Untuk berhenti berlangganan sebuah  RSS tidaklah sulit, anda hanya perlu meng-unsubcribe artikel RSS yang di email maupun homepage akun email anda. Untuk  berhenti berlangganan sebuah situs berita detiknews.com anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini :

Bukalah akun email anda jika anda berlangganan RSS feed menggunakan Google Reader.
Ketika masuk ke alamat email anda, maka akan tampak pertama kali muncul update berita terbaru dari detiknews.com
Pilih menu Feed Setting yang berada tepat diatas email-email yang masuk
Kemudian pilih Unsubcribe dimana ini menandakan anda telah berhenti berlanganan situs berita detiknews.com

BAB III  PENUTUP
Kesimpulan
  1. RSS adalah kepanjangan dari Really Simple Syndication yang berupa sebuah file berformat XML. Sindikasi tersebut umumnya digunakan oleh situs web berita atau blog untuk memberikan info-info terbaru kepada para pembacanya.
  2. Dengan menggunakan RSS ini, maka kita dapat memperoleh dengan mudah berita terbaru dari 2 atau lebih site secara bersamaan tanpa harus mengaksesnya secara langsung, hanya dengan mengklik sebuah tombol “RSS Update” atau secara real time ter-update sendiri.

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Perbedaan Segment Dan Offset

Halal atau Haram Suami Memimum Air Susu Istri Dalam Sudut Pandang Islam

Hubungi Kami Untuk Berkonsultasi Atau Memberikan Saran Mengenai Pendidikan