Cara Penulisan Laporan Penelitian yang Baik dan Benar
Cara Penulisan Laporan Penelitian yang Baik dan Benar- - -Kumpulan Informasi Pendidikan ini hari Kumpulan Informasi Pendidikan akan membahas struktur penulisan laporan penelitian dengan baik dan benar, Penulisan laporan penelitian merupakan tahap akhir dari suatu penelitian yang wajib diselesaikan untuk menyelesaikan tugas akhir dari pendidikan, penulisan laporan yang baik terlebih dahulu harus memiliki bahasa yang baik dan setiap aspek yang disampaikan dalam penulisan juga harus sesuai dengan apa yang telah dilakukan dalam penelitian, hal ini adalah kegiatan menuangkan pikiran-pikiran kedalam kalimat yang baik dan juga menyusun kalimat-kalimat ke dalam alinea dan merangkai alinea tersebut menjadi suatu karya ilmiah.
Berikut beberapa tahapan dalam penulisan laporan penelitian :
1. Buatlah laporan sementara, artinya apabila data dari hasil penelitian telah terkumpul, maka tahap selanjutnya adalah mengerjakan laporan sementara secara bertahap, kemudian diteliti baru setelah itu dapat disusun dengan baik.
2. Buatlah kerangka laporan. Pada dasarnya tidak semua orang mampu menuangkan hasil pemikirannya secara langsung dan detail, tapi sebelum itu buatlah dulu garis besar laporan yang akan ditulis. Kerangka laporan ini akan memudahkan penulisan laporan dari sebuah penelitian. Ketika penulisan laporan masih dalam tahap pembuatan kerangka muncul ide-ide atau gagasan tambahan untuk menunjang isi suatu laporan yang dibuat.
3. Menyusun hasil penelitian, dalam isi laporan ada beberapa aspek yang harus disusun, yakni :
1. Judul
2. Kata pengantar
3. Daftar isi
4. Pendahuluan
5. Tubuh laporan
6. Kesimpulan dan saran
7. Daftar pustaka
Demikianlah yang dapat disampaikan Kumpulan Informasi Pendidikan mengenai Cara Penulisan Laporan yang Baik dan Benar, baca juga artikel Kumpulan Informasi Pendidikan lainya mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja Information Technology ( IT )
Berikut beberapa tahapan dalam penulisan laporan penelitian :
1. Buatlah laporan sementara, artinya apabila data dari hasil penelitian telah terkumpul, maka tahap selanjutnya adalah mengerjakan laporan sementara secara bertahap, kemudian diteliti baru setelah itu dapat disusun dengan baik.
2. Buatlah kerangka laporan. Pada dasarnya tidak semua orang mampu menuangkan hasil pemikirannya secara langsung dan detail, tapi sebelum itu buatlah dulu garis besar laporan yang akan ditulis. Kerangka laporan ini akan memudahkan penulisan laporan dari sebuah penelitian. Ketika penulisan laporan masih dalam tahap pembuatan kerangka muncul ide-ide atau gagasan tambahan untuk menunjang isi suatu laporan yang dibuat.
3. Menyusun hasil penelitian, dalam isi laporan ada beberapa aspek yang harus disusun, yakni :
1. Judul
2. Kata pengantar
3. Daftar isi
4. Pendahuluan
5. Tubuh laporan
6. Kesimpulan dan saran
7. Daftar pustaka
Demikianlah yang dapat disampaikan Kumpulan Informasi Pendidikan mengenai Cara Penulisan Laporan yang Baik dan Benar, baca juga artikel Kumpulan Informasi Pendidikan lainya mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja Information Technology ( IT )