Makalah Pendidikan | Perbandingan 2 Situs Untuk Mengetahui RSS

Perbandingan 2 Situs Untuk Mengetahui RSS- - -Selamat datang di situs Kumpulan Informasi Pendidikan ini hari Kumpulan Informasi Pendidikan akan membahas tentang Perbandingan 2 Situs Untuk Mengetahui RSS, tujuan perbandingan 2 situs untuk mengetahui RSSnya tidak lain adalah untuk menambah ilmu pengetahuan bagi kita semua supaya lebih mengenal dengan RSS dan Sourco Code.

A. Pendahuluan
RSS adalah kepanjangan dari Really Simple Syndication yang berupa sebuah file berformat XML. Sindikasi tersebut umumnya digunakan oleh situs web berita atau blog untuk memberikan info-info terbaru kepada para pembacanya.

Situs berita atau blog memiliki isi atau artikel yang terus berubah secara berkala, karena itulah maka situs atau blog menggunakan sistem RSS agar para “pelanggannya” tidak ketinggalan info. Sama halnya seperti koran atau majalah, kita harus berlangganan untuk terus mendapatkan berita-berita terbaru hanya saja bedanya dengan sistem RSS adalah anda dapat berlangganan secara gratis. Begitu juga dengan blog futures galleria ini, anda harus berlangganan (subscribe) terlebih dahulu agar dapat terus menerima informasi terbaru dari kami.

B. Perbandingan RSS Website
Secara tampilan kedua RSS Feeds dua website tersebut hampir sama, sedangkan website yang dibandingkan disini adalah www.detik.com dan www.kapanlagi.com Kedua website tersebut merupakan website yang memuat berita-berita. Baik www.detik.com dan www.kapanlagi.com menyediakan RSS dalam untuk berita, RSS Feeds memungkinkan kita untuk dapat mengakses berita terbaru dari browser tanpa harus mengunjungi website tersebut dalam waktu singkat. Berikut perbandingan kedua penyedia RSS feeds tersebut.

RSS DETIK.COM
http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656083/index.rss


RSS KAPANLAGI.COM
http://www.kapanlagi.com/feed/


C. SOURCE CODE
Kedua RSS website berita tersebut sama-sama merupakan file xml vers 1.0 dan menggunakan RSS versi 2.0. Struktur dari kedua file tersebut sama, dan tag-tag yang dipakai pun sama. berikut ini adalah source code RSS feeds dari www.detik.com dan www.kapanlagi.com

SOURCE CODE DETIK.COM
http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656083/index.rss
*Karena Suurce Code dapat dirubah sewaktu-waktu maka kunjungi alamat diatas untuk melihat Suurce Code

SOURCE CODE KAPANLAGI.COM
http://www.kapanlagi.com/feed/
*Karena Suurce Code dapat dirubah sewaktu-waktu maka kunjungi alamat diatas untuk melihat Suurce Code

D. KESIMPULAN
Kedua website tersebut RSS feeds tersebut secara display dan struktur source code sama karena sama-sama menggunakan standar RSS version 2 (Really Simple Syndication - RSS 2.0). Struktur file xml pada RSS, pada bagian atas harus ada tag diikuti parameter versinya, sebagai contoh yang berfungsi sebagai pengenal file rss. Selanjutnya ada tag yang menunjukkan informasi (metadata) channel tersebut, Channel memiliki beberapa sub data yang diawali dengan tag yang berisi dokumen atau biasanya berita. 

Tag – tag yang yang harus ada pada Channel diantaranya :

1. Title, merupakan judul atau nama dari channel tersebut.
2. Link, merupakan link url pada website yang dituju
3. Description, merupakan keterangan berupa text yang mengikuti channel.

Sedangkan beberapa tag optional pada item diantaranya :
1. Language ( bahasa yang digunakan )
2. Copyright ( hak cipta )
3. ManagingEditor ( alamat email editor )
4. PubDate ( tanggal publikasi channel )
5. LastBuildDate ( waktu update terakhir )
6. Category ( kategori )
7. Image ( untuk menampilkan gambar )
8. Rating ( menampilkan rating )
9. TextInput ( menampilkan text box )

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Perbedaan Segment Dan Offset

Halal atau Haram Suami Memimum Air Susu Istri Dalam Sudut Pandang Islam

Hubungi Kami Untuk Berkonsultasi Atau Memberikan Saran Mengenai Pendidikan