Kisi-Kisi Atau Materi Ujian Untuk Microsoft Access

Kisi-Kisi Atau Materi Ujian Untuk Microsoft Access- - -Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.

Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC.

Berikut ini adalah pengertian atau langkah singkat dalam MS. Access :
  1. Suatu kumpulan data yang teroganisir disebut Datebase.
  2. Paket Software database disebut MS. Access.
  3. Berikut ini mana yang termasuk username kosong Ms. Access ialah Database 1
  4. Langkah yang benar untuk menjalankan MS. Access yakni Klik Menu Star, MS Office, MS Access.
  5. Cara mengimport data Excell ke MS. Access yakni Klik kanan pilih import, pilih Excell.
  6. Record yang unik adalah Field Kunci atau Primary Key.
  7. Untuk menyimpan text panjang dalam data tipe disebut Memo.
  8. Untuk menyimpan data numerik dalam tipe data disebut Number.
  9. Cara membuat database baru pada MS. Access yakni Klik Blank Database.
  10. Cara menghapus kolom atau field pada MS. Access yakni Klik tab datashet delete rows.
  11. Beberapa sub menu dari office button dalam Microsoft Access adalah New, Open, Save.
  12. Tipe data yang disimpan dalam 255 karakter disebut Text.
  13. tipe data untuk Id_Siswa adalah Autonumber.

Tipe data digunakan pada filed-field yang akan kita gunakan untuk membuat program sederhana pada Ms.Access baik itu Ms.Access 2003, 2007 sampai 2010 yang terbaru. Pada Ms.Access terdapat beberapa tipe data, di sini saya akan membahas 10 tipe data, penjelasannya sebagai berikut :

1. Text
Text digunakan untuk field alfanumeric (misalnya nama, alamat, kode pos, dll), jadi tipe data text disini memiliki banyak karakter dan karakter tersebut ialah 255 karakter pada setiap fieldnya.

2. Memo
Tipe data memo sama halnya dengan text, tetapi tipe data memo dapat menampung kurang lebih 64.000 karakter untuk tiap fieldnya, tapi tidak bisa diurutkan/diindekskan.

3. Number
Tipe data Number dapat digunakan untuk menyimpan data numeric yang akan digunakan untuk proses perhitungan matematis (misalnya mengurangi, menambahkan, mengkali dan membagi suatu bilangan)

4. Date/Time
Tipe data Data/time digunakan untuk data yang berjenis tanggal, waktu atau penggabungan dari tanggal dan waktu.

5. Currency
Tipe data Currency yaitu data dengan jenis number, hanya saja pada awal angka selalu disertakan symbol currency default sesuai dengan regional setting yang digunakan, misalnya RP. $, dll. Currency dapat menggunakan angka dengan 15 dgiit dibelakang desimal dan 4 digit sesudah desimal.

6. AutoNumbe
Tipe data Auto Number adalah data yang tidak dapat kita isi secara manual melainkan ia terisi secara otomatis oleh Access, baik secara menjumlah ataupun random (acak) , AutoNumber biasanya digunakan untuk penomoran.

7. YES/NO
Tipe data Yes/No merupakan tipe data dengan 2 pilihan saja yaitu Yes (1 atau Ture) dan No (0 atau False). dan format yang tersedia adalah Yes/No, True/False, dan On/OFF.

8. OLE Object
Tipe data OLE Object digunakan untuk eksternal objek, seperti bitmap atau file suara

9. Hyperlink
Tipe data Hyperlink digunakan untuk menyimpan alamat internet atau file yang ditunjukan melalui alamat URL.

10. Lookup Wizard
Jika menggunakan tipe data ini untuk sebuah field, maka bisa memilih sebuah nilai dari tabel lain atau dari sebuah daftar nilai yang ditampilkan dalam combobox.

Demikianlah yang dapat disampaikan Kumpulan Informasi Pendidikan mengenai Kisi-Kisi Atau Materi Ujian Untuk Microsoft Access, semoga dapat bisa membantu murid-murid SMK Kesehatan untuk giat belajar dan mengerjakan soal ujian.

*Note.
Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di menu slidebar disebelah kanan atau bisa langsung komentar dibawah menggunakan facebook.

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Perbedaan Segment Dan Offset

Halal atau Haram Suami Memimum Air Susu Istri Dalam Sudut Pandang Islam

Hubungi Kami Untuk Berkonsultasi Atau Memberikan Saran Mengenai Pendidikan