Pengumuman Hasil Ujian Nasional ( UN ) SD - SMP - SMA Terbaru 2016

Berita Pendidikan | Pengumuman Hasil Ujian Nasional ( UN ) SD - SMP - SMA Terbaru 2016 - - - Ujian Nasional ditahun 2016 - 2017 akhirnya telah dimulai dan akan membuat beberapa banyak siswa sudah siap melaksanakan UN dan banyak juga siswa/i yang belum mempersiapkan diri untuk melaksanakan ujian nasional.

UN bukan hanya membuat para siswa/i berpikir untuk mendapatkan nilai atau hasil yang sangat bagus, akan tetapi Ujian nasional pada tahun ini juga membuat para orang tua berfikir untuk membuat anak - anak mereka mendapatkan hasil yang memuaskan, seperti menyediakan private, less, dan pembelajaran lainya agar anak - anak mereka sukses dalam UN.

Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Ujian Nasional
Hasil ujian nasional ( UN ) pada tahun 2016 - 2017 akan menentukan para siswa/i yang ingin melanjutkan ke jenjang selanjutnya atau perguruan tinggi dan sebagainya. So, hasil UN memang sangat menentukan langkah para siswa/siswi di Indonesia, namun di tahun ini informasi terbaru tentang UN adalah Ujian Nasional Unas UN tahun 2016 Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan menggunakan 2 kurikulum sekaligus yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 (K-13).

Sehingga dengan demikian soal-soal UN 2016 serta juga pelaksanaan serta materi ujian nasional (UN) pada 2016 mendatang akan disamakan.

Berikut pernyataan dari Ramon Mohandas selaku Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud seperti informasi yang dilansir dari Kabar24.com terkait dengan pelaksanaan ujian nasional tahun 2016.

“Kita ambil praktisnya saja. Karena secara teknis pelaksanaan UN dengan dua pendekatan dan kurikulum berbeda sulit dilakukan,” ujar Ramon di Kantor Kemendikbud, Jakarta.

Ramon mengatakan, prinsip dari ujian itu adalah materi yang diujikan harus pernah diajarkan kepada siswa. Meski secara teknis belum dibuat butir soal ujian, Ramon menjamin siswa tidak akan kesulitan mengerjakan UN 2016. Oleh karena itu, Ramon menegaskan cara termudah mencari titik singgungan antara materi dalam Kurikulum 2006 dan K-13.

Dengan sistem mencari titik singgung itu, Ia berharap siswa yang menempuh pendidikan berbasis K-6 tidak mengalami kesulitan mengerjakan soal UN. Begitu juga dengan siswa yang belajar dengan K-13, tidak boleh merasa kesulitan karena soal ujiannya tidak pernah dipelajari lagi.

"Kemendikbud tidak mau ambil resiko UN berantakan karena membuat UN versi K-6 dan versi K-13. Akhirnya kita gunakan materi yang bersinggungan di K-6 dan di K-13," tuturnya.

Untuk hasil ujian UN terbaru 2016-2017 silahkan saja lihat di eduside.blogspot.co.id karena untuk sementara ini hasil ujian nasional belum siap kita upload, so lihat saja di eduside.blogspot.com

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Cara Shalat Sunnah Qobliyah Dan Ba’diyah Shalat Wajib

Pengertian Dan Adab Dalam Berpakaian Menurut Islam

Pengertian Dan Adab Berhias Dalam Sudut Pandang Islam